Rabu, 23 Februari 2011

Perkembangan Hewan

A.perkembangbiakan hewan

        Hewan berkembang biak untuk melestarikan jenisnya.Cara perkembangbiakan hewan ada berbagai macam, yaitu membelah diri, bertelur, melahirkan, dan bertelur-melahirkan.

1. Cara hewan berkembang biak
a.Membelah diri dan bertunas
       membelah diri dan bertunas merupakan cara perkembangbiakan hewan tanpa melalui proses perkawinan. Contoh hewan yang berkembang biak dengan membelah diri adalah protozoa
       Hewan tingkat rendah yang termasuk jenis protozoa antara lain Amoeba(amuba) dan Paramecium.Kata protozoa berasal dari bahasa yunani(protos=hewan,zoon=hewan).Artinya,hewan tingkat rendah yang ber sel satu.ukuran Protozoa sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat tanpa menggunakan mikroskop.Protozoa hiduo di tempat yang berair.
      Cara perkembangbiakan Protozoa sangat sederhana.Sel protozoa terdiri dari dinding sel,cairan sel, dan  inti sel.pada saat membelah diri,semua bagian sel ini terbelah dua.
      Hewan yang berkembang biak dengan bertunas, misalnya anemon laut dan Hydra.cara perkembangbiakan ini juga sederhana. Sebuah tunas kecil tumbuh di bagian tubuh Hydra dewasa. Tunas tersebut tumbuh menjadi hewan baru yang melekat pada induknya dan telah mulai menangkap makananya sendiri. Selanjutnya, tunas akan lepas dari induknya dan menjadi hewan dewasa yang bebas.

b.Bertelur
      Jenis hewan yang berkembang biak dengan bertelur adalah bangsa burung, ikan, serangga, dan hewan amfibi. Cara berkembang biak dengan bertelur disebut ovipar. Ovipar bersalah dari kata ovum, yang berarti telur. Burung merpati, elang, ayam, dan bebek merupakan bangsa burung. Hewan-hewan ini mengerami telurnya sampai menetas.Demikian pula, burung mengerami telurnya.Burung juga memberi makan dan merawat anak-anaknya sampai mereka dapat mandiri. Berapa lamakan burung mengerami telurnya?
      Berbagai jenis ikan.serangga,dan hewan amfibi juga berkembang biak dengan bertelur. Pernakah kamu melihat ikan mas dan kupu-kupu sedang mengerami telurnya? Telur hewan-hewan itu memang tidak perlu di erami.Telur-telur itu akan menetas sendiri. Akan tetapi, ada juga jenis ikan dan hewan amfibi yang memelihara telurnya, misalnya ikan mukair dan beberapa jenis katak. Ikan mujair memelihara telur-telurnya di mulut. Sebaliknya, telur-telur katang ada yang dipelihara oleh katak jantan. Telur-telur katak itu dibawa di punggung bagian bawah dan dipegang oleh kaki belakangnya. Ikan mujair dan katak tersebut memelihara telurnya sampai menetas.
      Telur(ovum) dihasilkan oleh hewan betina.Alat kelamin jantang yang menghasilkan sperma disebut testis. Sperma membuahi telur pada saat terjadi perkawinan. Telur yang telah dibuahi akan tumbuh menjadi embrio, yaitu calon bayi.

c.Melahirkan
    Cara berkembang biak dengan melahirkan di sebut vivipar. Hewan-hewan yang melahirkan anaknya antara lain kucing, anjing, sapi, kijang ,dan harimau.Hewan-hewan tersebut hidup di darat. Ada juga hewan air yang berkembang biak dengan cara melahirkan, misalnya pesut, lumba-lumba, dan paus.Pesut, lumba-lumba, dan paus bukan termasuk golongan ikan.Selain itu, pesut ,lumba-lumba dan paus bernapas dengan paru-paru
    Hewan yang melahirkan juga menghasilkan telur. Akan tetapi ,telur tersebut tidak dikeluarkan dari tubuh hewan betina. Telur itu juga tidak dibungkus oleh cangkang. Selanjutnya, telur tersebut dibuahi oleh sperma jantan di dalam rahim. saat terjadi perkawinan, rahim terdapat di dalam tubuh hewan betina. Sperma dihasilkan di dalam tubuh hewan jantan.
    Telur yang telah dibuahi akan tumbuh menjadi calon bayi. Calon bayi mengalami pertumbuhan selama berada di dalam rahim. Selama itu,hewan betina menjalani masa mengandung. Lamanya masa mengandung stiap hewan berbeda. Lama masa mengandung kucing adalah sembilan minggu.

d.Bertelur-melahirkan
     Cara berkembang biak dengan bertelur-melahirkan disebut ovovivipar.Jenis hewan yang termasuk dalam berkembang biak ovovivipar adalah bangsa reptil,yaitu beberapa jenis ular dan beberapa jenis kadal.
     Mungkin kamu agak bingung bembaca istilah bertelur-Melahirkan.Cara bertelur-melahirkan merupakan perpaduan cara bertelur dan cara melahirkan.Seperti hewan yang bertelur,hewan betina yang ovovivipar juga mengeluarkan telur dari tubuhnya.Akan tetapi, telur yang dikeluarkan itu telah tumbuh menjadi calom bayi. Calon bayi tumbuh hampir sempurna. Jadi saat telur dikeluarkandari tubuh hewan betina,saat itu juga calon bayi dilahirkan.

1 komentar: